Optimization of Job Training in Improving Yantek Performance at PT XYZ With ADDIE Model Design

Authors

  • Aneke Putri Nadila Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Hafid Syaifullah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61132/ijmicse.v1i4.124

Keywords:

ADDIE Model, Employee Training, Performance Improvement

Abstract

Job training is the key to improving the performance of Technical Service Officers (Yantek) at PT XYZ.. This study aims to evaluate the effectiveness of ongoing job training and identify areas that need improvement. Through an in-depth analysis of the training curriculum, teaching methods, and Yantek performance after training, this study proposes recommendations for optimizing the training program. The results of the study are expected to improve the quality of service to customers and support the achievement of company performance targets.

References

Abdilah, L., Rahmawati, P. I., & Sinarwati, N. K. (2024). Dampak penerapan program Yantek Optimization terhadap kualitas pelayanan PT XYZ unit layanan pelanggan Klungkung Bali. Jurnal Manajemen, 13(2), 140–157.

Akhyar. (2023). Kualitas pelayanan publik: Suatu tinjauan mengenai kepuasan masyarakat. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2), 103–113.

Alhidayatullah, A., Sudarma, A., & Khairul Amal, M. (2023). Efektivitas pelatihan kerja dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 119–130.

Harnisah, Y., Malik, I., & Nasrulhaq. (2023). Learning organization pada pusat pelatihan dan pengembangan dan kajian manajemen pemerintahan LAN RI Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (Kimap), 4(5).

Hendi Sama, & Eric. (2024). Pengembangan website e-learning berdasarkan preferensi mahasiswa UIB dengan metode Research and Development. Zonasi: Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 1–13.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Maulana, A. (2022). Analisis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia pada perusahaan jasa. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 345–352.

Nerys, L. L. T., Radit, T. A., & Purnamawati, A. (2021). Pengaruh pelatihan kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Nerys. Optimal, 18(2), 6.

Pandega Nurtyandi, C., Mandaku, H., & Christy Poceratu, I. (2023). Analisis penerapan Yantek Optimization terhadap petugas pelayanan teknik PT XYZ (Persero) UP3 Masohi. Arika, 17(02).

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Risky, P., W, T. M., & Wibowo, S. W. (2023). Reevaluasi asumsi klasik dalam meningkatkan pengalaman pelanggan: Sebuah analisis mendalam pada teori pelayanan pelanggan. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 2(12), 1–16.

Rusmayana, T. (2021). Model pembelajaran ADDIE integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa sebagai pengganti praktek kerja lapangan di masa pandemi Covid-19. Widina Bhakti Persada Bandung.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.

Silitonga, A. I., Hastuti, P., Thohiri, R., & Pulungan, A. F. (2022). Implementasi model ADDIE dalam pengembangan e-module berbasis case method. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 101.

Yusuf, M., & Hendra, R. (2023). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) berkelanjutan. Jurnal Jupema, 2(2), 52–63.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Aneke Putri Nadila, & Hafid Syaifullah. (2024). Optimization of Job Training in Improving Yantek Performance at PT XYZ With ADDIE Model Design. International Journal of Mechanical, Industrial and Control Systems Engineering, 1(4), 16–22. https://doi.org/10.61132/ijmicse.v1i4.124